Kamis, 29 September 2011

Individu, Keluarga, dan Masyarakat

Pengertian Individu
 
Manusia adalah mahluk yang sering kali kita sebut sebagai individu. Manusia adalah mahluk individu yang sangat unik. Karena manusia memiliki akal, fikiran, dan hawa nafsu yang tidak dimiliki oleh mahluk lain. Hal ini yang akhirnya membuat manusia dapat berfikir dan mengambil keputusan, serta bersosialisasi dengan mahluk lain. Manusia juga di sebut sebagai mahluk social yang tidak dapat hidup sendiri dan saling bergantung antara satu dengan yang lainnya. Hubungan saling ketergantungan ini salah satunya terjadi di dalam keluarga.

Sumber : www.w4t3rmelon.wordpress.com


Pengertian Keluarga
Keluarga merupakan tempat awal mula manusia dapat bersosialisasi, dan membentuk jati dirinya sendiri. Hal ini karena dari awal kelahirannya setiap individu berada di antara keluarganya. Sehingga tugas dari sebuah keluarga adalah mengajarakan bagaimana caranya untuk dapat bersosialisasi dengan masyarakat.

Sumber : www.opashidqi.blogdetik.com

           

Pengertian Masyarakat

Masyarakat adalah sekumpulan individu yang saling berinteraksi yang menempati suatu lingkungan tertentu yang memiliki aturan dan kebudayaan sendiri baik yang sudah ada secara turun temurun, ataupun yang baru-baru ini muncul. Didalam kehidupan bermasyarakat juga kita dapat menerapkan dan melihat hasil dari pembentukkan pribadi kita yang selama ini telah terbentuk di tengah-tengah keluarga.

Sumber : www.blogldii.wordpress.com
 
Sehingga ketiga aspek ini tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Karena tidak akan ada suatu kelompok masyarakat bila di dalamnya tidak terdapat individu. Begitupun dengan keluarga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar